Keutamaan Sholat Bagi Umat Muslim

Posted on

Semua ibadah yang dilalukan memiliki keutamaan masing-masing. Setiap ibadah yang dilakukan oleh umat muslim memiliki keutamaan dan manfaat bagi tiap umat. Yuk simak berikut ini Keutamaan sholat bagi umat muslim.

Keutamaan Sholat Bagi Umat Muslim

  1. keutamaan sholat tarawih

Sholat tarawih mempunyai beberapa keutamaan yang sangat luar biasa. Berikut adalah beberapa keutamaannya:

– Diampuni allah

Jika umat melakukan sholat tarawih ini dilaksanakan dengan ikhlas maka bisa mendatangkan ampunan allah. Dosa dosa yang dulu bisa diampuni Nya sesuai sabda nabi: “barang siapapun yang bangun di waktu malam bulan ramadhan karena iman dan harapannya mendapat hitungan dari allah, maka ia akan memperoleh pengampunan atas dosa-dosanya terdahulu.” (HR. Muslim)

– Sholat tarawih adalah sunnah yang paling utama

Sholat tarawih kita kenal sebagai qiyamu ramadhan. Ini dikarenakan sholat malam di bulan ramadhan. Karena inilah sholat tarawih mempunyai keutamaan sholat malam secara umum sudah di sabdakan nabi: “sholat yang sangat cocok sesudah sholat fardhu ialah sholat malam.” (HR. An Nasa’i)

– Diberi kemuliaan dan kewibawaan

Orang yang melaksanakan sholat malam, termasuk dengan sholat tarawih, maka dia akan di anugerahi allah kewibawaan dan juga kemuliaan.

  1. keutamaan shalat dhuha

– mempunyai rumah di Surga

Kita semua pasti menginginkan memiliki rumah yang indah dan megah ketika di surga nanti. Bukan hanya memiliki sebuah rumah, manusia bahkan rela memperbanyak berbuat kebaikan agar mendapatkan ganjaran berupa masuk ke dalam surga. Oleh karena itu akan sangat nyaman dan senang hati kita jika mempunyai sebuah rumah di dalam surga nantinya. Sebuah tempat yang banyak diidam-idamkan oleh banyak umat muslim. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Barang siapa yang (melaksanakan) shalat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al-Jami’ No. 634)

Melalui melaksanakan sholat dhuha dengan rajin dan tentunya juga diiringi oleh perbuatan baik yang dicintai oleh Allah. Kita sebagai umat akan dibangunkan sebuah rumah di surga nantinya.

  1. Wajah Terlihat Lebih Bercahaya dan Awet Muda

Dengan menjalankan sholat dhuha yang rajin, berarti kamu sering berwudhu selama lebih dari 5 kali dalam sehari. Air wudhu tersebut bisa membantu wajahmu lebih sehat dan bercahaya. Ini dikarenkaan wajahmu lebih sering sering disucikan dibasuh dengan menggunakan air agar minyak dan kotoran yang menempel pada wajah hilang.

  1. Pahala Dhuha yang Sama dengan Sedekah

Seperti yang disampaikan dalam sebuah Hadis Riwayat Muslim yang berbunyi: “Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat.”  Menjalankan ibadah sholat dhuha akan dapat menggantikan kewajiban bersedekah karena mempunyai perhitungan amal yang sama, Jadi kalau kamu melaksanakan sholat dhuha setiap hari.

  1. Diberi Limpahan Rezeki dan Dicukupkan Hartanya.

Salah satu keutamaan sholat dhuha yakni bisa memperlancar turunnya rezeki dari Allah. Bukan cuma terus berikhtiar dan berusaha semaksimal mungkin. Sholat dhuha adalah salah satu cara yang efektif bagi kita untuk mendapatkan limpahan rahmat, rezeki dan dicukupkan hartanya.

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam sebuah hadist yang berbunyi:

“Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya akan Aku cukupkan untukmu (rezeki)  di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad).