Mau Jadi Solo Traveler? Cermati Dulu Hal-hal Berikut Ini

Posted on

Solo travel bukanlah hal yang baru, termasuk di kalangan traveler Muslim. Sebelum mencoba, ingat dan terapkan 8 tips mutlak ini ya!

Kesempatan untuk menjelajahi sebuah area dengan biaya irit dan menguji ketahanan diri adalah beberapa alasan yang membawa dampak solo travel begitu diganderungi.

Namun, jangan asal berangkat. Di balik keseruannya, ada persiapan masak yang perlu dilakukan.
Sebelum Anda berkemas dan membeli tiket, pahami dulu beberapa tips di bawah ini untuk pengalaman solo travel perdana yang aman dan memuaskan:

1. Riset berkenaan destinasi tujuan

Hal yang satu ini perlu hukumnya. Selain melacak hal-hal menarik yang ada di sebuah destinasi, cari termasuk segala resiko buruk yang sanggup berlangsung di sana. Dengan demikian, Anda sanggup menyiapkan prediksi dan mitigasi jikalau berlangsung hal-hal yang tidak di idamkan di sana. Bukan idamkan menakut-nakuti, tetapi hal ini mutlak dilakukan.
2. Persiapkan itinerary

Solo travel memang menambahkan fleksibilitas lebih, tetapi satu hari cuma ada 24 jam. Karenanya, Anda perlu bijak dalam membagi waktu sepanjang perjalanan. Itinerary bukan cuma menopang Anda untuk datang ke area wisata, tetapi termasuk meminimalisir resiko sepanjang perjalanan.

3. Melakukan pemesanan secara daring

Tiket pesawat, hotel, area wisata, sampai penyewaan kendaraan, pastikan Anda telah memesannya secara daring sebelum akan tiba di destinasi. Sesampainya di sana, Anda tinggal konfirmasi kembali dan segera menikmatinya. Cara ini termasuk menjauhkan Anda dari penipuan (scam) yang bisa saja berlangsung di area asing.

4. Membawa barang secukupnya

Poin mutlak dari solo travel adalah Anda tidak perlu mempunyai terlampau banyak barang. Perhitungkan kebutuhan sepanjang perjalanan dengan masak supaya Anda tidak biasanya bawaan dan kelelahan membawanya. Jangan lupa perhatikan cuaca di area tujuan dan bawa barang yang dibutuhkan.
5. Pilih penginapan yang aman

Harga tidak mahal bukanlah salah satu tolok ukur dalam menentukan penginapan. Solo travel lebih beresiko dibandingkan pergi dalam kelompok. Karenanya, tetap menentukan penginapan yang punya reputasi baik, lokasinya di pusat keramaian, dan aksesnya mudah.
6. Mencatat nomer darurat di kertas

Secanggih-canggihnya gawai, pastikan Anda mencatat nomer darurat di kertas dan membawanya sepanjang perjalanan. Nomor ini sanggup bermanfaat waktu Anda hadapi kejadian tidak terduga. Beberapa nomer darurat yang perlu dicatat antara lain nomer telpon kerabat terdekat, nomer telpon hotel area menginap, nomer telpon polisi dan tempat tinggal sakit setempat, serta nomer kedutaan besar Indonesia jikalau Anda solo travel ke luar negeri.

7. Membawa uang tunai secukupnya

Tidak semua destinasi akrab dengan pembayaran non tunai. Jadi, siapkan uang tunai secukupnya sebelum akan berangkat. Jangan pula terlampau banyak, lumayan menyesuaikan dengan perhitungan anggaran harian. Selain supaya anggaran tetap terjaga, hal ini termasuk sanggup menghindar kerugian lebih besar.
8. Jangan malu bertanya

Esensi dari solo travel sendiri adalah membuka mata terhadap dunia. Jadi, jangan sudi untuk menanyakan dan berbincang dengan masyarakat lokal di area tujuan. Selain menaikkan teman, Anda pun sanggup mendapatkan Info berharga yang bermanfaat untuk perjalanan.