Nggak Hanya Eksotisme, Objek Wisata di Lombok juga Penuh Mitos

Posted on

Lombok umumnya sama dengan wisata alam berbentuk pantai-pantai yang indah. Pulau di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini gak hanya mempunyai keindahan alamnya saja.

Di balik wisata-wisata yang cantik, tersedia lebih dari satu mitos yang dipercaya masyarakatnya. Mitos-mitos dan kisah horornya pun menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Di antaranya layaknya lima daerah wisata di Lombok yang penuh dengan mitos ini.

1. Air Terjun Tiu Kelep

Air terjun ini mempunyai ketinggian lebih kurang 42 meter. Di bawahnya terkandung kolam yang cukup dalam. Biasanya para pengunjung mandi di kolam tersebut. Aliran airnya yang deras jatuh dari tebing yang diselimuti tumbuhan hijau.

Sumber airnya berasal dari Danau Segara Anak, Gunung Rinjani. Menurut mitos, membersihkan wajah di air terjun ini sanggup memicu kami terlihat lebih awet muda.

Lokasi: Desa Senaru, Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

2. Air Terjung Mayung Putek

Dalam bahasa Sasak, Mayung Putek artinya ‘rusa putih.’ Tempat ini mempunyai mitos rusa putih yang berkunjung untuk minum dan mandi di air terjun.

Air terjun ini terhitung mempunyai kandungan belerang yang berasal dari Gunung Rinjani. Hal berikut memicu airnya berwarna putih. Kandungan belerang berikut diyakini sanggup menyembuhkan penyakit kulit.

Lokasi: Obel Obel, Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

3. Makam Raja Selaparang

Di kompleks pemakanan ini terkandung tiga makam, yaitu Raja Selaparang, orangtua Raja Selaparang, dan makam Panglima Gajah Mada. Ketiga makam berikut kerap dikunjungi peziarah untuk menabur bunga dan membersihkan wajah dengan air yang disediakan.

Konon, membersihkan wajah dengan air berikut akan memicu kami cepat sanggup jodoh. Terdapat lebih dari satu ketentuan pas berkunjung ke sini, layaknya dilarang memotret, harus melewatkan alas kaki pas berkunjung, hingga dilarang masuk bagi wanita yang tengah haid.

Lokasi: Selaparang, Suela, Kabupaten Lombok Timut, Nusa Tenggara Barat.

4. Taman Narmada

Selain menjadi daerah wisata dengan panorama indah, taman ini terhitung menjadi daerah peristirahatan raja. Di Taman Narmada terhitung terkandung replika Gunung Rinjani.

Terdapat pula Bale Petirtaan, yaitu daerah air yang dipercaya sanggup membuat awet muda. Gak heran kecuali taman ini dikenal sebagai taman air awet muda. Karena diakui sebagai kawasan suci, wanita yang tengah haid dilarang masuk.

Lokasi: Jalan Raya Mataram, Labuhan Lombok, Lembuak, Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

5. Air Terjun Jeruk Manis

Kamu terhitung sanggup berkunjung ke Air Terjun Jeruk Manis. Air terjun ini mempunyai panorama indah dan air yang jernih. Air terjun yang berada di bawah kaki Gunung Rinjani ini mempunyai mitos sanggup menyembuhkan banyak ragam penyakit.

Selain itu, dipercaya sanggup menyuburkan rambut, lho. Untuk penyakit tertentu, tersedia ritual tradisional yang dikerjakan oleh pemangku atau penduduk lokal.

Lokasi: Kembang Kuning, Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Terlepas dari berbagai mitos yang ada, tempat-tempat di atas sangat layak dikunjungi pas kamu liburan ke Lombok. Kira-kira daerah no berapa yang akan masuk bucket list liburanmu selanjutnya?